Purevita dari Nutri Source
Laman ini disembahkan untuk seluruh pengikut akun Kochengfess di Twitter. Rasanya sudah berapa lama mengikuti dan aktif menjawab pertanyaan para babu kucing. Tak dapat dielak, […]

Laman ini disembahkan untuk seluruh pengikut akun Kochengfess di Twitter. Rasanya sudah berapa lama mengikuti dan aktif menjawab pertanyaan para babu kucing. Tak dapat dielak, kucing merupakan hewan yang menggemaskan dan dapat dipelihara. Acap kali selalu merekomendasikan Purevita untuk makanan kucing. Apa itu Purevita?

Sebelum berkenalan dengan Purevita, ada baiknya mengenal secara singkat apa itu makanan kucing. Pada dasarnya makanan kucing itu yang dijual ada 2, makanan basah dan makanan kering. Seperti dengan makanan manusia, makanan basah akan cepat basi, hanya saja bedanya di makanan kucing, makanan basah memiliki protein dan lemak yang lebih banyak. Protein dan lemak adalah 2 sumber penting untuk kucing, karena kucing merupakan karnivora sejati. Purevita sendiri ada makanan basah dan juga makanan kering, namun sejauh ini yang masuk ke Indonesia hanya berupa makanan kering.

Packaging Purevita
Purevita, from Nutrisourcepetfood.com

Penampakan Purevita seperti di atas. Untuk makanan kucing, Nutri Source memberi 3 varian, Chicken & Peas Entrée, Salmon & Peas Entrée, Duck & Red Lentils Entrée. Pada dasarnya, Salmon terkenal untuk melebatkan bulu kucing, ayam terkenal dapat menambah berat badan kucing, sehingga semuanya kembali kepada pemilik kucing atau babu. Purevita ini telah bebas dari biji-bijian yang tidak begitu bermanfaat untuk kucing kesayangan. Untuk analisisnya, dapat dilihat di bawah ini:

Guaranteed AnalysisUSMetric
Crude Protein (Min.)32.0%320 g/kg
Crude Fat (Min.)18.0%180 g/kg
Crude Fiber (Min.)6.5%65 g/kg
Moisture (Max.)10.0%100 g/kg
Magnesium (Min.)0.08%0.8 g/kg
Iron (Min.)200 mg/kg200 mg/kg
Copper (Min.)20 mg/kg20 mg/kg
Manganese (Min.)10 mg/kg10 mg/kg
Zinc (Min.)120 mg/kg120 mg/kg
Taurine (Min.)0.15%1.5 g/kg
Omega – 6 Fatty Acids (Min.)*2.9%29 g/kg
Omega – 3 Fatty Acids (Min.)*0.6%6 g/kg
Cobalt (Min.)*1.0 mg/kg
Total Microorganisms (Min.)*
(Saccharomyces cerevisiae, Lactobacillus acidophilus, Enterococcus faecium)
100 million CFU/lb **
from nutrisourcepetfoods.com

*Not recognized as an essential nutrient by the AAFCO Dog Food Nutrient Profiles.
** Colony Forming Units per pound

Kenapa Purevita?

Jadi begini, banyak yang masih keteteran dalam menentukan makanan kucing. Sebenarnya babu ini juga terkadang ketar ketir untuk memberi pakan yang bagus, hal itu dikarenakan harga makanan untuk makhluk yang lucu itu kurang bersahabat di kantong. Sebenarnya Purevita juga tidak begitu bersahabat. Untuk ukuran 15lbs atau 6.8kg, harus bayar 570K. Bagi beberapa orang, angka tersebut tidak masuk akal, karena terlalu mahal untuk makanan kucing yang hanya 6.8kg dan tidak tau kapan habisnya.

Purevita juga klaim bahwa nutrisi yang ada pada makanan anjing dan kucing mereka telah seimbang dan diterima oleh AAFCO (The Association of American Feed Control Officials) atau setidaknya sudah seiizin AAFCO. KLN berani mengklaim dengan kampanye 'Less Food, Less Money, Less Waste'.

Hal serupa juga pernah diulas oleh Radiokucing dan memang, menurut pengalaman juga memakai brand ini menjadi lebih irit. Jika Om WePe mengakui bahwa dengan harga 4kg bisa dapat 6kg merk Blackwood, kenapa Purevita tidak bisa? Untuk menafsir gambar di atas, cara baca untuk kita orang Indonesia seperti ini.

  1. Makanan dari Produksi Masal, ini biasanya dijual kembali dalam bentuk re-pack 1kg, karena tidak ada freshpack. Contohnya ya makanan yang dijual 1kg dengan harga antara 15rb-30rb. Bukan diskredit makanan tersebut, namun memang tidak bisa dibeli 1kg, meskipun beberapa brand sudah menyiapkan siasat dengan membungkus makanan tersebut 1kg/800gr baru dikarungin untuk meminimalisir biaya pengiriman atau sejenisnya.
  2. Makanan nomor 2 ini gampang dicari di mana-mana, kemanapun kita pergi, pasti ketemu makanan ini, memang agak Royal sih.

Pemakaian pribadi, memang benar seperti apa yang dibilang oleh Radiokucing dan klaim dari Nutrisource sendiri. Jika Radiokucing klaim bahwa 1kg bisa untuk 1 ekor kucing dewasa selama 3 minggu. Pengalaman pribadi, 4 ekor kucing menghabiskan 3kg Purevita kurang lebih 3 minggu. Logikanya harusnya hanya 3 ekor kan? Tetapi itulah kucing, makan sesuka hati mereka.

Selain hemat, manfaat lainnya adalah bulu kucing jadi bagus. Jangan berharap tiba-tiba jadi panjang kayak kucing gondrong ya? Itu murni genetis, namun bulu jadi lebih sehat dan tentunya, kulit juga lebih sehat, serta jangan lupa kontrol kutu ya, sebulan sekali kasih obat tetes kutu untuk pencegahan. Be a smart pawrent, babu!

Rekomen? Ya pasti! Sering rekomendasikan Purevita ketika ada yang nanya Royal Canin atau Proplan? Purevita! Rasain dan jatuh cintalah dengan produk dari KLN ini. Sayang saja, di Pekanbaru tidak ada yang jual. Coba kalau ada, mungkin semuanya dikasih Purevita. Jadi apalagi yang kalian tunggu, jika mampu memberi Royal Canin, seharusnya mampu memberikan Purevita, Sayangi kucing kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *