Vedic Astrology dan Turunan Vedic di Kehidupan
Pada hari Minggu kemarin, 6 September 2020, gue ikut kelas Dasar Vedic oleh Divyabhasa. Alasan gue mau ikut kelas ini adalah karena gue kepo aja […]

Pada hari Minggu kemarin, 6 September 2020, gue ikut kelas Dasar Vedic oleh Divyabhasa. Alasan gue mau ikut kelas ini adalah karena gue kepo aja sih, lagi pula, ternyata astrologi juga berhubungan dengan psikis kita sebagai manusia. Di dalam Vedic Astrology sendiri, ada yang namanya Lagna Chart. Lagna chart ini biasa dikenal dengan Natal Chart, gambaran langit ketika manusia dilahirkan. Oleh karena itu, waktu lahir sangat penting di dalam Vedic Astrology.

Lagna Chart in Vedic Astrology
Lagna Chart

Lagna chart yang di atas ini merupakan model North India. Ada juga model South India dan East India, tetapi kebanyakan digunakan hanya dua, North dan South. Untuk gambar South, dapat dilihat sendiri di Google.

Untuk membaca chart tersebut dibutuhkan pengetahuan yang panjang. Gue hanya bisa membaca tabel, belum mampu membaca hubungan antar rasi dan graha, efek malefik dan benefik. Ngomong malefik, sekarang Mars lagi retrograsi, beberapa moon-sign yang air pasti akan malefik--terlepas kita lagi menghadapi Covid-19 di seluruh dunia. Apa itu Malefik?

Malefik dan Benefik di Vedic Astrology

Seperti yang telah terpapar di atas, Maelfik merupakan graha yang memberikan hasil bertentangan dengan keinginan, atau penderitaan akibat karma. Di dalam Vedic Astrology, karma juga merupakan hal yang penting. Akan ditulis nanti. Secara alami, graha/planet yang bersifat Malefik adalah Matahari (Su), Mars (Ma), Saturnus (Sa), Rahu (Ra) dan Ketu (Ke). Rahu dan Ketu akan dibahas di postingan yang lain.

Graha atau planet yang dikatakan benefik karena ia memberikan hasil sesuai dengan keinginan kita. Grahat yang bersifat benefik adalah Merkurius (Me), Venus (Ve), Jupiter (Ju) dan Bulan (Mo) ketika menuju bulan purnama.

Sekarang sedang terjadi retrogresi pada graha/planet Mars. #Mars memulai retrogresi 10/9 Pk. 5:22 WIB samapai 14/11 Pk. 7:35 WIB. Retrogresi ini tidak hanya dirasakan oleh individu yang bersifat air, ataupun yang sun rising (Ascendant)nya Aries akan mengalami hal yang paling tidak dapat diterima oleh mereka. Secara global, ternyata San Fransisco tidak mendapatkan cahaya matahari, lalu diikuti oleh Jakarta yang akan melakukan PSBB kembali guna menurunkan penularan Covid-19. Saat ini bisa dilakukan jurnal, untuk dapat digunakan menjadi catatan dalam mempelajari Vedic Astrology lanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *